Home » Aneh & Unik » Bahan Dari Minyak Sayur Ini Diklaim Lebih Kuat 200 Kali Dari Baja

Bahan Dari Minyak Sayur Ini Diklaim Lebih Kuat 200 Kali Dari Baja

Unikdanlucu.com – Bahan yang diklaim lebih kuat 200 kali lipat daripada baja ini ditemukan oleh para Ilmuwan dari Lembaga Peneliti Utama Australia yang bernama CSIRO.

Bahan yang terbuat dari minyak sayur yang telah diolah menjadi serangkaian lapisan karbon ini sangat ringan dan dapat digunakan sebagai penghantar listrik dan bahan elektronik yang lebih bagus daripada bahan dari tembaga.

Namun karena Graphene ini mahal dan sangat sulit untuk dibuat maka hanya bisa dilakukan di laboratorium untuk membuatnya. Karena dibutuhkan bahan yang sangat mahal seperti gas, metal alami dan juga teknologi panas tinggi.

Tapi sekarang para Ilmuwan di Australia telah dapat membuat Graphene dengan bahan dari minyak kedelai dan lebih murah. Bahkan penemuannya tersebut telah di terbitkan ke dalam jurnal Nature Communications.

“Graphen dibuat dengan cara memanaskan minyak kedelai pada tabung selama 30 menit. Selanjutnya minyak diurai di dalam blok cetakan karbon pada selembar lapisan berbahan nikel. Lapisan itu didinginkan dan disebarkan agar terbentuk lapisan Graphene dengan luas 5 cm x 2 cm. Sedangkan tebalnya 1 nanometer, yaitu 80 ribu kali lebih tipis dibandingkan dengan rambut manusia. Proses ini lebih cepat dan efesien dalam penggunaan energi ketimbang metode lainnya. Metode lain memerlukan waktu beberapa jam untuk memompa tabung, membuat film dan mendinginkannya. Kami percaya proses ini bisa secara signifikan dalam menurunkan ongkos produksi film Graphene hinga 10 kali lebih murah. Ini bisa digunakan untuk berbagai hal yang sebelumnya tidak dimungkinkan karena biaya yang mahal membuat film Graphene. Kami juga berpikir menggunakan Graphene ini untuk bahan menyimpan energi seperti baterai dan superkapasitor. Film ini juga digunakan sebagai perantara aliran energi yang efisien,” ujar dari salah satu peneliti yang bernama Dr. Zhao Jun Han.

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Inilah Yang Terjadi Jika Kepala Kerbau Dimasukkan Ke Dalam Sungai Amazon

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...