Home » Aneh & Unik » “Dibully” Saat Kecil Berdampak Jelek Hingga Dewasa

“Dibully” Saat Kecil Berdampak Jelek Hingga Dewasa

Unikdanlucu.com – Ada efek buruk dari pengalaman “di-bully” (diintimidasi) yang terjadi pada masa kanak-kanak dan bisa berlangsung hingga bertahun-tahun lamanya, ditambah dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan kognitif.

Peneliti yang dilakukan di King’s College London, Louise Arseneault tersebut mengatakan orang yang semasa kecilnya sering “di-bully” atau diintimidasi memiliki risiko yang lebih besar mengalami depresi, kecemasan, serta memiliki kualitas hidup yang kurang baik bahkan hingga usia 50 tahun.

Penelitian tersebut dilakukan dengan 7.770 orang, mulai dari berusia tujuh tahun sampai mereka berusia 50 tahun.

dibuli

Mereka yang sudah sering dibully di masa kecil biasanya ketika sudah mencapai usia 50 tahun akan cenderung memiliki kesehatan mental dan fungsi kognitif yang lebih buruk dibandingkan orang yang tidak mengalaminya.

Orang yang sering mendapat gangguan di masa kecilnya mungkin mengalami depresi yang lebih dan adanya peningkatan risiko gangguan kecemasan serta mengembangkan pikiran untuk bunuh diri ketika dewasa.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Universitas Warwick menemukan bahwa kasus “bully” pada anak-anak memiliki dampak negatif jangka panjang yang signifikan bagi kesehatan, prospek pekerjaan, dan hubungan di saat dewasa.

Penelitian yang mencakup sekitar 1.400 peserta itu nemenukan jawaban bahwa kasus “bully” pada masa kanak-kanak membawa serangkaian dampak negatif pada kesehatan mental, pekerjaan, dan hubungan sosial si korban, dan efek tersebut bisa berlangsung hingga 15 tahun lamanya.

“Efek negatif dari penindasan atau intimidasi pada masa kecil bisa berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya. Korban memiliki risiko yang lebih tinggi menderita depresi, gangguan kesehatan, dan bahkan menjadi pengangguran di usia pertengahan,” kata Dr Ryu Takizawa.
Baca juga informasi mengenai Bayi delapan bulan ini tewas setelah menelan tutup botol.

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...