Home » Aneh & Unik » Gak Nyangka! Ternyata Bahan Yang Murah Ini Bisa Bikin Aspal Jalan Semakin Kuat

Gak Nyangka! Ternyata Bahan Yang Murah Ini Bisa Bikin Aspal Jalan Semakin Kuat

Unikdanlucu.com – Sebuah ide yang sangat cemerlang dan tak disangka sebelumnya ini ternyata bisa membuat campuran aspal jalan menjadi lebih kuat dan juga lebih keras.

Dan cara atau bahan yang digunakan pun relatif murah dan juga melimpah yaitu dengan memanfaatkan limbah sampah plastik. Jadi aspal yang dicampur dengan plastik akan menghasilkan aspal jalan yang lebih kuat dan tahan lama.

Berikut penuturan dari Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan, Kamis(13/7),

“Daya tahan jalan yang dicampur dengan limbah plastik akan lebih bagus. Di India sudah dilakukan.jalan tambah kuat, pembiayaan jalan lebih murah, pengurangan sampah. Kami bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Badan Pengajian dan Penerapan Teknologi telah merancang pilot project mengenai hal ini di Bekasi, membuat plastik bag mix dengan aspal.”

Sedangkan perwakilan PRAISE menyoal permasalahan sampah yang diwakili oleh Sinta Kaniawati mengatakan bahwa, “Pentingnya kerjasama berbagai pihak agar menghasilkan solusi yang terintegrasi dan tidak bersifat sesaat. Terkait dengan sampah plastik kemasan misalnya, rantai prosesnya cukup panjang dan merupakan hubungan sebab akibat yang kompleks. Dari sisi aktor yang terlibat, ada industri bahan baku dan industri pengguna kemasan, retailer, konsumen hingga industri daur ulang dan pengguna daur ulang. Semua mempunyai fokus berbeda sesuai dengan perannya masing-masing. Namun pemerintah sebagai koordinator dan pembuat kebijakan harus dapat memetakannya secara holistik agar menghasilkan kebijakan yang terintegrasi.”

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Kalian Bakal Tercengang Saat Melihat Belakang Rumah Yang Terlihat Biasa Ini

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...