Home » Aneh & Unik » Hanya Ditempat Ini Jualan Kain Tenun di Tengah Laut

Hanya Ditempat Ini Jualan Kain Tenun di Tengah Laut

Unikdanlucu.com – Ada beragam cara yang digunakan untuk menjual barang dagangan mulai dari menjual di pasar hingga keliling dari rumah ke rumah. Namun di Kampung Ternate Alor, NTT, para perempuan paruh baya ini memiliki cara unik untuk menjual barang dagangannya yang berupa kain tenun khas Alor.

Di kampung Ternate, para mama (Sapaan Khas untuk wanita paruh baya di NTT) menjualnya di atas kapal dan mereka akan langsung menghampiri jika ada kapal yang berlabuh di dekat kampung mereka, “Kami sudah lama sekali jualan dengan cara begini, sudah dari zaman nenek moyang. Kami biasa sebelas orang berjualan. Kalau ada kapal berlabuh dekat kampung yang terlihat, kami hampiri,” ujar Sumadiyah.

Sumadiyah pun akhirnya menjelaskan jenis kain yang dijual bersama dengan teman-temannya itu,

“Dan yang paling kami suka adalah jika ada kapal asing yang berlabuh karena orang asing lebih royal jika belanja kain. Kami menjual berbagai macam motif, warna, jenis dan harga yang berbeda-beda. Secara garis besar kami membagi kain menjadi 2 bagian yaitu kain yang terbuat dari bahan kapas asli yang dipintal sendiri dan diwarnai dengan pewarna alam seperti akar mengkudu dan daun nila. Kain jenis ini akan dijual dengan harga yang lebih mahal karena memang prosesnya yang sangat lama bahkan bisa 1 tahun baru selesai. Cirinya adalah kain itu berwarna lebih netral, dengan warna seperti hitam, merah bata, biru tua dan cokelat. Kain yang kedua adalah kain tenun dari benang pabrik, yang dijual dengan harga lebih murah. Kain ini memiliki ciri berwarna cerah seperti merah, merah muda, kuning atau biru terang. Untuk harganya yang kain alami kami jual dengan harga Rp. 400 ribu dan yang menggunakan bahan sintetis lebih murah sekitar Rp. 150 ribu. Kami terkadang juga rugi kalau dagangan tidak laku karena harus bayar kapal Rp. 50 ribu per orang untuk menumpang kapal.”

Jadi bagi kalian yang ingin merasakan belanja ditengah lautan, kalian bisa mencobanya datang ke kampung Ternate ini.

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Wow! Negara Kecil Ini Memiliki 110 Menteri Dan Menjadi Rekor

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...