Home » Aneh & Unik » INILAH DOSANYA JIKA BAPAK IBU SERING MENITIPKAN ANAK-ANAKNYA KEPADA ORANG TUA

INILAH DOSANYA JIKA BAPAK IBU SERING MENITIPKAN ANAK-ANAKNYA KEPADA ORANG TUA

Unikdanlucu.com – Sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang tua untuk menjaga, mendidik dan membesarkan anak-anak kita. Tapi karena kesibukan pekerjaan atau kondisi perekonomian yang terkadang sebagai orang tua kita sering menitipkan anak-anak kepada ibu sendiri atau kepada ibu mertua.

Pernahkah kita bertanya kepada diri sendiri, apa perbuatan kita itu benar atau tidak secara syariat?

Pertama coba kalian tanyakan dalam hati nurani apa sebenarnya landasan kalian melakukan perbuatan tersebut? karena hanya mengejar karir atau orang tua kalian lebih baik dalam mendidik anak?

inilah-dosanya-jika-bapak-ibu-sering-menitipkan-anak-anaknya-kepada-orang-tua

Kedua pastikan kehadiran cucu dirumah membuat orang tua kalian bahagia atau malah membuat sibuk mereka dan merasa terbebani?

Ingat jika kita hanya sekedar mengejar karir dan membebani kedua orang tua kita itu berarti kita termasuk anak yang dzalim dan itu adalah sebuah dosa.

Kewajiban orang tua adalah merupakan hak anak. Allah berfirman. “hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka” (QS At Tahrim:6). Seorang tabi’in, Qatadah menafsirkan, Engkau perintahkan mereka untuk taat kepada Allah dan larang mereka durhaka kepada-Nya. Engkau terapkan perintah Allah kepada mereka. perintahkalah dan bantulah mereka untuk menjalankannya. Jika engkau melihat perbuatan mereka maksiat kepada Allah, maka peringatkan dan cegahlah mereka.”

inilah-dosanya-jika-bapak-ibu-sering-menitipkan-anak-anaknya-kepada-orang-tua

Rasululloh SAW bersabda:”..pria adalah pemimpin di dalam keluarganya dia akan ditanya tentang kepemimpinannya, wanita adalah pemimpin rumah suami dan anak-anaknya, dia akan ditanya tentang kepemimpinannya..(HR Bukhari Muslim)

Orang tua mempunyai 3 peran terhadap anak menurut dari Zakiyah Darajat dkk: merawat fisik anak agar tumbuh kembang dengan sehat, proses sosialisasi anak agar belajar menyesuaikan diri dengan lingkungannya, serta kesejahteraan psikologis dan emosional anak. Kewajiban dari orang tua adalah hak anak untuk hidup, nama yang baik, disembelihkan aqiqahnya, ASI 2 tahun, makan/minum/pakaian, pendidikan agama, pendidikan sholat, tempat tidur terpisah antara pria dan wanita, pendidikan adab, pengajaran al-quran/baca tulis, perawatan dan pendidikan kesehatan/kebersihan, pengajaran keterampilan, kasih sayang, keamanan, dan perlindungan.

Pentingnya Pendidikan Anak. Rasulullah SAW bersabda:”tiada suatu pemberian yang lebih utaman dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik”(HR Al Hakim).

Imam Abu al-Hamid al-Ghazali ra berkata,”..jika anak dibiasakan dan dididik untuk melakukan kebaikan, maka dia akan tumbuh menjadi baik dan menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat. Setiap orang yang mendidiknya(orang tua maupun para pendidik yang lain) akan turut memperoleh pahala sebagaimana pahala sang anak atas amal shalihnya..jika dibiasakan dengan keburukan serta ditelantarkan seperti hewan ternak, maka dia akan menjadi orang yang celaka dan binasa. Dosa yang diperbuatnya turut ditanggung oleh orang-orang yang berkewajiban mendidiknya.”

Imam Ibnu al-qayyim ra, “mayoritas penyebab kerusakan anak adalah akibat orang tua mengabaikan mereka, tidak mengajarkan berbagai kewajiban dan ajaran agama. Orang tua yang menelantarkan anaknya ketika mereka kecil, membuat mereka tidak berfaedah bagi dirinya dan orang tuanya ketika mereka telah dewasa. Ada orang tua yang mencela anaknya yang durjana, lalu anaknya berkata, “Ayah, engkau durjana kepada ku ketika kecil, maka aku pun durjana kepadamu setelah aku besar. Engkau menelantarkan ketika kecil, maka aku pun menelantarkanmu ketika engkau tua renta.” Baca juga informasi mengenai KAKEK INI DITINGGAL OLEH ANAK-ANAKNYA DAN HIDUP SENDIRIAN DI TENGAH HUTAN DENGAN KONDISI MATA BUTA DAN TUBUH YANG SUDAH RENTA.

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...