Home » Aneh & Unik » Jangkrik Ternyata Bisa Dijadikan Bahan Pengganti Daging Sapi

Jangkrik Ternyata Bisa Dijadikan Bahan Pengganti Daging Sapi

Unikdanlucu.com – Dengan semakin banyaknya manusia yang mengkonsumsi daging hewani terutama sapi. Para peneliti ini mengkhawatirkan jika suatu saat nanti hewan-hewan ini akan punah dan manusia tidak bisa makan daging lagi. Oleh sebab itulah mereka mulai mencari sebuah alternatif bahan pangan yang bisa menggantikan asupan protein dari daging sapi dan bisa dikonsumsi oleh manusia.

Jangkrik Ternyata Bisa Dijadikan Bahan Pengganti Daging Sapi

Kini para peneliti dari VVT Technical Research Centre of Finland telah menemukan bahan makanan yang memiliki struktur dan rasa yang tak kalah dengan daging sapi yaitu dengan menggunakan Jangkrik dan larba kumbang Tenebrio (Mealworm).

Jangkrik Ternyata Bisa Dijadikan Bahan Pengganti Daging Sapi

Meski terlihat menjijikkan, ternyata kedua hewan ini memiliki rasa yang gurih dan juga sangat mendekati rasa daging sapi asli. Dan ini sudah diuji coba dengan mengolah jangkrik tersebut menjadi bakso sedangkan Mealworm diolah menjadi Falafel.

Jangkrik Ternyata Bisa Dijadikan Bahan Pengganti Daging Sapi

Berikut keterangan dari para peneliti pada saat mengubah kedua hewan itu menjadi bahan pangan yang layak untuk dikonsumsi,

“Kami telah mengembangkan sebuah metode fraksinasi kering. Cara ini dapat dengan mudah memecah jangkrik dan mealworm menjadi berbagai rasa dengan berbagai tingkat tekstur yang diharapkan. Bahkan kita juga dapat menentukan seberapa kuatnya rasa daging yang akan dihasilkan. Pecahan yang kasar rasanya lebih lembut dan mengandung lebih banyak kitin. Sedangkan pecahan yang halus mengandung tempurung kitin yang lebih terasa kasar dilidah tapi rasa dagingnya lebih kuat. Cara ini juga bisa memisahkan lemak dari serangga hingga 65% – 80%. Bahan pangan ini sangat cocok dijadikan berbagai macam olahan makanan padat karena sangat efektif mengikat air dan lemak. Selain itu kandungan proteinnya juga lebih tinggi daripada daging sapi.”

Oleh sebab itulah banyak industri makanan dan konsumen yang mulai melirik untuk mengkonsumsi serangga-serangga ini sebagai bahan makanan yang baru meski bikin geli ketika akan mengkonsumsinya.

Bagaimana Menurut Kalian? Apa berniat untuk mencobanya?

Baca Juga Informasi Mengenai Wanita Cantik Ini Bikin Heboh! Dan Akhirnya Jadi Buruan Para Netizen

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...