Home » Aneh & Unik » Keren! Limbah Elektronik Ini Disulap Jadi Power Bank Yang Menjuarai Lomba Teknologi Tepat Guna 2017

Keren! Limbah Elektronik Ini Disulap Jadi Power Bank Yang Menjuarai Lomba Teknologi Tepat Guna 2017

Unikdanlucu.com – Siapa sangka limbah baterai laptop yang tidak berguna ini masih bisa dimanfaatkan untuk membuat Power Bank dan berhasil menjuarai lomba teknologi tepat guna 2017 di Majalengka.

Power Bank yang diproduksi oleh warga kota Bekasi dari daur ulang sampah elektronik ini bisa bertahan selama 10 jam pengisian dengan kapasitas 10 ampere.

Berikut penuturan sang produsen power bank limbah baterai yang bernama Joko Susilo, Senin(28/8),

“Produk ini kami rakit dari limbah baterai laptop yang ada di lingkungan kami sejak 2016. Dan kami sanggup memberikan garansi masa pakai selama 12 bulan. Kami sangat selektif dalam memilah limbah baterai laptop. Biasanya komponen yang kami pilih berasal dari produk Samsung dan Sanyo. Limbah elektronik ini tidak hanya dikumpulkan dari bank sampah di lingkungan sekitar, tapi juga di beberapa pusat perbelanjaan elektronik di Bekasi dengan membeli dari sejumlah pengusaha barang elektronik dengan harga Rp. 5 ribu – Rp. 10 ribu per 6 baterainya.

Motivasi saya untuk membuat power bank dari limbah baterai karena limbah ini sendiri sangat berbahaya dan mengandung merkuri, timah dan racun kimia lainnya, sementara di kota Bekasi masih belum ada sistem pengolahan yang optimal untuk limbah eletronik. Baterai laptop yang terbuang sebanyak 80% komponennya saya bongkar. Biasanya kerusakan terjadi pada IC yang kami perbaiki secara manual. Produk daur ulang sampah ini berhasil meraih penghargaan juara 3 dalam lomba ini setelah Sumedang dengan teknologi inverter dan kota Bandung dengan teknologi konveksinya. Sejak menang lomba, permintaan power bank saya meningkat drastis sampai 30 unit yang dibanderol dengan harga hingga Rp. 200 ribu per unit.”

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Pipis Sembarangan di Negara Ini Kalian Bakal Terkenal di YouTube

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...