Home » Aneh & Unik » Kisah Seseorang Yang Rela Membaktikan Hidupnya Demi Pasien Sakit Jiwa
Kisah Seseorang Yang Rela Membaktikan Hidupnya Demi Pasien Sakit Jiwa

Kisah Seseorang Yang Rela Membaktikan Hidupnya Demi Pasien Sakit Jiwa

Banyak orang yang sering membantu orang dengan mengharapkan pamrih. Tetapi ada juga yang mengorbankan hidupnya demi menolong orang lain. Seorang pria yang bernama Marsan telah berhasil mendirikan sebuah panti rehabilitasi bagi orang yang mengalami gangguan jiwa. Dulu Marsan hanya bekerja sebagai kusir andong.

Marsan berbagi ilmu bagaimana cara mengenali pasien-pasien yang mengidap gangguan jiwa. Dia mengatakan hanya perlu memperhatikan teriakan dan ucapan-ucapan yang mereka keluarkan setiap hari.

“Menurut saya jika wanita 75% penyebabnya karena asmara, dinodain, dan sering dikecewain. Berlaku bagi wanita yang masih gadis dan sudah menikah,” ujar Marsan Rabu (14/9).

“Sedangkan bagi pasien pria, menjadi gila karena asmara, ekonomi, dan pekerjaan. Marsan mengurus, dan mendidik mereka dengan disiplin selama sehari penuh.

Beberapa penghuni yang telah sembuh banyak yang membantu mengurus rekan-rekan mereka yang belum sembuh. Ada juga yang telah dikembalikan kepada keluarganya dan menjalani aktifitas seperti orang normal.

Dia menyebutkan tanda pasiennya sudah sembuh, yautu memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain dan mengucapkan kalimat sesuai dengan perbuatannya.

Namun Marsan memiliki kendala, yaitu kekurangan dana untuk memajukan panti rehabilitasjnya. Dia memang mendapatkan bantuan setahun sekali dari pemerintah, dan setiap pasien dijatah Rp 6 ribu. Namun, anggaran itu tidak cukup dipakai setahun, kerapkali Marsan harus berusaha  dan mencari jalan lain. Dengan berjalannya waktu dia sering mendapatkan sumbangan juga dari pihak luar. Dia hanya ingin pasien na mendapatkan makanan bergizi yang tersedia setiap hari dan fasilitas penunjang layak sudah cukup baginya.”Agar mereka bisa berguna buat dirinya dan buat orang lain,” ucap Marsan.

Marsan bercerita bahwa, telah banyak kisah yangvtelah dilewatinya bersama pasien-pasiennya. Dia pernah menikahkan sesama pasiennya, dia pernah membantu pasiennya yang melahirkan dan wafat di panti itu. Marsan mengaku banyak hikmah didapat dari pekerjaannya saat ini.

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...