Home » Aneh & Unik » Kopi Khas Kendal Ini Ada Yang Beraroma Buah Semangka. Unik!

Kopi Khas Kendal Ini Ada Yang Beraroma Buah Semangka. Unik!

Unikdanlucu.com – Sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai menggemari kopi, dan salah satu kopi yang tengah menjadi pembicaraan para netizen adalah kopi yang berasal dari Kendal, Jawa Tengah.

Sebab kopi yang berasal dari lereng gunung Prahu dan Ungaran ini ada yang memiliki aroma buah semangka dan juga rempah-rempah.

Berikut ujar Pujo Widodo yang tengah mengembangkan kopi jenis Liberica di desa Mlatiharjo, Kec. Patean, Kab. Kendal, “Selain menanam kopi jenis robusta, arabika dan excelsa, kini kami mulai menanam kopi jenis liberica. Dulu jenis kopi liberica ini, banyak ditanam oleh petani kopi Kendal, tapi kemudian ditinggalkan dan beralih ke kopi robusta, arabica dan excelsa. Mungkin karena peminatnya berkurang. Kalau tanaman kopinya tumbuh di daerah semakin atas, aromanya mendekati seperti rempah-rempah. Sangat harum. Saya dan petani kopi lain yang tergabung di dalam kelompok tani Mlatimakmur, menjual hasil panen di kafe-kafe dan kedai kopi. Diantaranya di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Semarang dan Kendal. Kalau saya sebulan rata-rata bisa menjual 1 kuintal kopi. Saya juga memproduksi kopi luwak. Ada sekitar 91 ekor luwak peliharaan yang dijadikan produsen. Dan untuk harga kopi mentah saya jual Rp. 2 juta, sedangkan yang sudah bubuk sekitar Rp. 3 juta.”

Sedangkan sang Bupati Kendal yang bernama Mirna Anissa pun turut serta dalam menggalakkan produksi kopi di daerahnya dengan cara mencarikan alat produksi kopi dari pemerintah pusat. Beriktu ujar Ibu 2 anak tersebut,  “Kalau ada mesinnya, kan hasil panennya bisa lebih banyak diproduksi menjadi kopi siap pakai. Kopi asal Kendal tidak kalah dengan kopi dari daerah lain. Rasanya luar biasa. Ada jenis kopi yang jarang bisa tumbuh di daerah tapi bisa tumbuh subur di Kendal. Jenis kopi itu adalah Liberica. Saya kemarin di Jakarta, sudah bertemu dengan beberapa investor. Saya menawarkan hasil kerja sama untuk menggarap hasil perkebunan, pertanian, kelautan dan wisata. Tapi khusus kopi ini, biar masyarakat Kendal sendiri yang mengelolanya. Banyaknya komunitas pecinta kopi di Kendal menjadikan petani kopi mempunyai masa depan yang cerah.”

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Meski Tanpa Kedua Tangan, Bocah 3 Tahun Ini Sangat Mandiri

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...