Home » Kesehatan » Memeriksa Tekanan Darah bisa Dilakukan di Rumah Loh, ini caranya
Memeriksa Tekanan Darah bisa Dilakukan di Rumah Loh, ini caranya

Memeriksa Tekanan Darah bisa Dilakukan di Rumah Loh, ini caranya

Setiap manusia pasti ingin mempunyai badan yang sehat. Maka sering melakukan olahraga dan menjaga tubuhnya agar terhindar dari penyakit. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan kita. Contohnya melakukan pengecekan rutin tekanan darah anda. Jika anda tidak mengecek secara rutin, anda akan memiliki resiko penyaki kardiovaskuler, seperti jantung dan stroke. Sejumlah ahli kesehatan pun menyarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin, untuk terhindar dari resiko tersebut.

Sekarang melakukan pengukuran tekanan darah dapat kita lakukan sendiri dirumah. Sangat mudah, karena anda tidak perlu lagi selalu datang ke rumah sakit hanya umtuk mengecek tekanan darah anda. Walaupun mudah, tetaoi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pemeriksaan itu menghasilakan angka yang akurat. Salah satunya, alat yang digunakan harus dalam keadaan batre terisi penuh.

“Baterai harus selalu bagus. Kalau sudah lemah ya diganti karena bisa pengaruh untuk hasil pengecekannya. Kalau di Omron bisa cek akurasi gratis seumur hidup. Disarankan bawa ke Omron setahun sekali untuk sensor cek,” papar Dicky Arianto Mulyono dari Omron Healthcare Indonesia di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Menurut Dicky, pemeriksaan bisa dilakukan satu sampai dua kali di pagi setelah bagun tidur dan malam hari sebelum tidur atau beristirahat. Sebaiknya jadwal yang dipilih rutin dan tetap.

“Bisa setelah bangun tidur dan sesudah minum obat, atau pada malam hari sebelum tidur dalam kondisi tenang. Sebab tensi berhubungan dengan detak jantung kita,” ucap Dicky.

Dicky tidak menyarankan untuk mengukur tekanan darah setelah mengonsumsi kopi dan beraktivitas. Karena hal ini bisa membuat jantung berdetak lebih cepat. Dan hasil yang di dapat tidak akurat.”Idealnya, pemeriksaan dilakukaan saat beristirahat atau tubuh dalam keadaan santai dan tidak stres,” pungkasnya.

x

Check Also

Dijual Rp. 40 Juta, Cermin Mahal Ini Bisa Diajak ‘Tersenyum’

Unikdanlucu.com – Siapa sangka sebuah cermin yang berharga mahal ini bisa diajak tersenyum karena memiliki ...