Home » Aneh & Unik » OPERASI PLASTIK TIDAK MENGGUNAKAN BAHAN PLASTIK TAPI KENAPA TETAP SAJA DISEBUT OPERASI PLASTIK?
OPERASI PLASTIK TIDAK MENGGUNAKAN BAHAN PLASTIK TAPI KENAPA TETAP SAJA DISEBUT OPERASI PLASTIK?

OPERASI PLASTIK TIDAK MENGGUNAKAN BAHAN PLASTIK TAPI KENAPA TETAP SAJA DISEBUT OPERASI PLASTIK?

Sejarah mencatat prosedur operasi plastik tertua dilakukan pada abad ke-16. Ketika itu ada seorang tabib yang bernama Gaspare Tagliacozzi asal Italia yang mencoba untuk memperbaiki cacat hidung dari salah seorang pasiennya dengan menggunakan transplantasi jaringan kulit bagian dalam dari lengan pasiennya.

Sementara untuk pertama kalinya pada abad ke-19 tepatnya pada tahun 1837 istilah operasi plastik ini mulai digunakan. Dalam melakukan bedah kosmetik ini, bahan plastik sama sekali tidak digunakan loh..karena bahan plastik baru ditemukan setelah 18 tahun kemudian. Nah loh lalu dari mana ya istilah operasi plastik ini berasal?

Sebenarnya kata “plastik” diadopsi dari bahasa Yunani, yaitu plastikos yang artinya ‘membentuk/mencetak’. Sesuai dengan tujuan dari dilakukannya operasi plastik saat itu, yaitu merekonstruksi bagian tubuh yang rusak/cacat agar baik kembali.

Pada pertengahan abad ke-19 meskipun belum diakui sebagai cabang dari ilmu kedokteran toh tetap saja ada banyak jenis operasi plastik yang bermunculan. Salah satunya adalah operasi hidung/ rinoplasty yang sejalan dengan perkembangan dari teknik sterilisasi/anastesi.
Baca juga informasi mengenai → HEBOH!! KAMBING MIRIP MANUSIA

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...