Home » Kesehatan » Pahami Arti Ngidam dan Hubungannya dengan Kesehatan
Pahami Arti Ngidam dan Hubungannya dengan Kesehatan

Pahami Arti Ngidam dan Hubungannya dengan Kesehatan

unikdanlucu.com – Tak hanya ibu hamil, setiap orang bisa saja tiba-tiba ngidam makanan tertentu. Rasa mengidam makanan ini berbeda-beda, ada yang tiba-tiba ingin makan asin hingga manis. Namun tahukah Anda bahwa jenis makanan yang Anda idamkan tersebut, ternyata bisa memberitahu mengenai kesehatan Anda?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini adalah arti dari jenis makanan yang kita idamkan menurut pelatih kesehatan gizi integratif, Maria Marlowe, seperti dilansir dari Purewow :

1. Jika Anda mengidam cemilan asin….

Artinya, bisa saja Anda hanya sedang haus. “Ketika Anda dehidrasi, Anda membutuhkan lebih banyak garam untuk membuat elektrolit kembali berfungsi seperti yang seharusnya,” ujar Maria. Jadi ketika Anda sedang ngidam makanan asin, cobalah minum segelas air putih terlebih dahulu. Jika Anda masih menginginkan garam satu jam kemudian, Anda mungkin sedang stres.

Cobalah kunyah beberapa lembar rumput laut dan lihat, apakah rasa mengidam makanan asin mereda. Namun jika tidak mereda, mungkin saja Anda memiliki masalah dengan kondisi kesehatan Adrenal Anda.

2. Jika Anda mengidam karbohidrat dan roti….

“Kecanduan suatu makanan, biasanya karena Anda sering mengonsumsi mereka secara teratur,” ujar Marlowe. Jadi jika Anda sudah makan banyak karbohidrat seperti roti putih dan pasta, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengidamnya saat makan malam. Cobalah makan sepotong roti gandum atau biji-bijian seperti quinoa sebelum memutuskan untuk mengonsumsi kembali makanan yang mengandung karbohidrat.

3. Jika Anda mengidam cokelat….

Hormon Anda mungkin sedang meningkat. “Ketika Anda sedang menstruasi misalnya, tubuh Anda mencoba untuk mengisi kembali magnesium dan zat besi, yang keduanya secara alami ditemukan dalam kakao,” ujar Maria. Jadi ketika rasa mengidam cokelat mucul, lebih baik makan cokelat hitam berkualitas tinggi yang setidaknya mengandung 70 persen kakao.

4. Jika Anda mengidam daging merah….

Hal ini karena Anda kekurangan B12 dan zat besi, yang keduanya dapat ditemukan secara alami dalam daging merah. Jika mengidamnya, Anda boleh memakan beberapa daging merah. Namun selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kadar B12 dan zat besi dalam tubuh Anda bersama dokter, bisa juga dengan meminum suplemen tertentu jika dibutuhkan.

5. Jika Anda mengidam makanan berlemak atau berminyak….

“Ketika ayam goreng speerti memangil-manggil nama Anda, tubuh Anda sebenarnya ketagihan asam lemak omega-3. Banyak orang yang kekurangan asupan omega-3, karena asupan ini hanya dapat ditemukan dalam beberapa makanan tertentu saja,” ujarnya.

Sehingga Maria menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, biji rami, kenari, dan biji chia untuk menutrisi tubuh dan menyingkirkan rasa mengidam tersebut.

6. Jika Anda mengidam makanan manis….

Tidak seperti garam, gula tidak memiliki tujuan penting dalam tubuh. Ketika Anda sedang stres misalnya, Anda mungkin cenderung akan memakan cemilan manis untuk mendapatkan sensasi nyaman dan untuk meningkatkan energi tubuh dengan cepat.

Padahal, hal ini akan membuat Anda menginginkan lebih banyak gula nantinya. Lebih baik, singkirkan rasa mengidam makana manis tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat yang manis, seperti buah-buahan.

Baca juga informasi mengenai → Resiko Kesehatan yang Mengintai dari 8 Benda Fashion Wanita

x

Check Also

Dijual Rp. 40 Juta, Cermin Mahal Ini Bisa Diajak ‘Tersenyum’

Unikdanlucu.com – Siapa sangka sebuah cermin yang berharga mahal ini bisa diajak tersenyum karena memiliki ...