Home » Aneh & Unik » Parah! 71 Reptil Diselundupkan Dalam Kemasan Gudheg dan Dibilang Oleh-Oleh Khas Jogja

Parah! 71 Reptil Diselundupkan Dalam Kemasan Gudheg dan Dibilang Oleh-Oleh Khas Jogja

Unikdanlucu.com – Pihak Balai Karantina Pertanian Kelas II bersama dengan PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta berhasil menggagalkan penyelundupan berbagai jenis reptil sebanyak 71 ekor yang rencananya akan dijual oleh kedua pelaku ke Thailand.

Berikut keterangan dari Agus Pandu Purnama selaku General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto,

“Kedua pelaku yang berinisial YF dan VY warga Magelang, Jawa Tengah ini tengah melakukan upaya penyelundupan sebanyak 71 reptil yang dilindungi tersebut. Reptil ini rencananya akan dibawa ke Bangkok, Thailand dengan transit ke Jakarta dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada hari Sabtu, 7 Januari kemarin. Pelaku ini menyembunyikan puluhan reptil itu ke dalam sebuah kemasan yang menyerupai gudheg. Awalnya kami curiga dengan beberapa box makanan yang dikemas seperti kemasan Gudheg tersebut. dan setelah dilakukan screening check point x-ray 3 dimensi, kami mendapati sesuatu yang mencurigakan walaupun barang-barang itu dikemas dengan baik seolah makanan Gudheg. Kedua pelaku ini awalnya mengaku bahwa barang yang ada di dalam kopernya itu adalah oleh-oleh khas Jogja, yaitu Gudheg. Tapi setelah kami melakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata isi di dalamnya adalah beberapa ekor binatang yang terdiri dari 20 ekor biawak, 8 ekor kadal lidah biru, 20 kura-kura, 10 kodok hijau, 5 ular phyton dan 9 soya payung. Kemudian hasil temuan ini kami laporkan ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta.”

Kemudian Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta yang bernama Wisnu Haryana pun menerangkan demikian,

“Dari 71 Reptil itu hanya ada 3 reptil saja yang dilindungi oleh negara yaitu soya payung , biawak cokelat Maluku dan Timor serta Kadal Lidah Biru. Kedua pelaku ini akan dijerat dengan pasal 7 Undang-Undang 16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan dan Pasal 40 ayat 2 tentang Kejahatan Konservasi. Dan barang bukti bersama dengan kedua pelaku telah kami serahkan ke Polda DIY. Paling tidak mereka akan menerima hukuman penjara 5 tahun dan denda Rp. 100 juta.”

Baca Juga Informasi Mengenai Heboh! Cewek Ini Foto Pakai Baju Seksi, Tapi Netizen Malah Gagal Fokus

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...