Home » Aneh & Unik » Pelajar SMAN 2 Lamongan Sulap Ampas Nanas Jadi Tisu Ramah Lingkungan. Hebat!

Pelajar SMAN 2 Lamongan Sulap Ampas Nanas Jadi Tisu Ramah Lingkungan. Hebat!

Unikdanlucu.com – Sebuah ide yang mungkin tak pernah dibayangkan sebelumnya jika ampas nanas bisa dijadikan tisu ramah lingkungan. Dan ide unik ini adalah hasil kreasi dari kedua pelajar SMAN 2 Lamongan yang bernama Octaviana Galuh Pratiwi dan Shella Vidya Ayu.

Berkat menggabungkan ampas nanas dengan buah busuk serta air, kedua pelajar ini berhasil meraih medali emas dalam ajang ISPO di bidang teknologi beberapa waktu yang lalu. Sedangkan dalam waktu dekat ini mereka akan mengiktui ajang internasional yang digelar di Brazil.

Berikut ujar Octaviana saat menjelaskan proses dalam pembuatan tisu ramah lingkungan tersebut, “Buah nanas sebanyak 300 gram diiris dan diblender selanjutnya dicampur dengan buah busuk 100 gram dan air 1 gram. Setelah itu diletakkan di dalam wadah dan ditutup dengan menggunakan plastik dalam kondisi kedap udara selama 2 minggu. Setelah 2 minggu akan muncul lapisan putih diatasnya yang disebut bakteri Acetobacter Xylinum. Setelah menjadi bakteri akan diblender dan dijemur. Setelah kering barulah menjadi tisu. Ide ini sendiri bermula dari kegelisahan kami saat melihat banyaknya penebangan pohon pinus yang masih berusia 5 tahun untuk diambil selulosanya. Padahal dampak dari penebangan pohon tersebut bisa menimbulkan bencana alam. Dari situlah kami mencari pengganti bahan dasar pembuatan tisu yang berupa selulosa tumbuhan dengan selulosa bakteri”.

Nurul Samsiya selaku guru pendampingnya pun menambahkan, “tisu ini memiliki banyak kelebihan. Dan salah satunya adalah memiliki daya serap yang tingi dan yang terpenting adalah ramah lingkungan karena tidak menggunakan kambium kayu. Kami juga berencana akan mematenkan hasil penemuan dari kedua murid ini”.

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Siswa SMA Ini Berhasil Bikin Es Krim Rasa Ikan Pindang Yang Kaya Akan Protein. Keren!

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...