Home » Aneh & Unik » Penemuan Pondasi Bangunan Kerajaan Kuno di Halaman Rumah Milik Salah Satu Warga Ini Bikin Geger Para Arkeolog

Penemuan Pondasi Bangunan Kerajaan Kuno di Halaman Rumah Milik Salah Satu Warga Ini Bikin Geger Para Arkeolog

Unikdanlucu.com – Sebuah pondasi bangunan peninggalan budaya kerajaan kuno ini ada di halaman rumah warga di Dusun Ngrawan, Desa Dolopo, Kec.Dolopo, Kab.Madiun, Jawa Timur yang bernama Gatot Suhanto. Dan ini adalah sebuah peninggalan situs Ngurawan sebab para warga sekitar sering kali menemukan benda-benda yang diduga merupakan peninggalan kerajaan kuno seperti, panil relief, tembikar kuno, umpak, jobong sumuran dan yoni.

Berikut adalah keterangan dari Rita Istari, salah satu arkeolog yang terlibat dalam penggalian tersebut,

“penggalian ini untuk mengungkapkan budaya di situs Ngurawan. Dimana nama Ngurawan sangat terkenal, baik di masa lalu maupun saat ini. Karena itu, kami sangat ingin tahu tentang situs Ngurawan tersebut. Mulai dari bentuknya bagaimana, luasnya berapa, dan semua budaya yang terkait dengan situs tersebut. Kami mulai menggali dan mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan Balai Arkeologi Yogyakarta pada akhir tahun 2014 dan awal 2016. Penggalian ini juga untuk membuktikan bahwa catatan sebuah prasasti yang menyebutkan bahwa di daerah Ngurawan dulu ada Kerajaan Gelang-Gelang yang dipimpin oleh Raja Sri Jayakatwang. Di salah satu titik lokasi penggalian terdapat satu lubang besar sedalam 3 meter yang di dasarnya ada susunan batu. Kami rencananya akan melakukan ekskavasi selama beberapa hari disini.”

Baca Juga Informasi Mengenai Meski Telah Berusia 2300 Tahun, Pedang dan Sarungnya Ini Masih Dalam Keadaan Sempurna

 

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...