Home » Aneh & Unik » Penyebaran Virus WannaCry Berhasil Dihentikan Oleh Pemuda Usia 22 Tahun Ini. Keren!

Penyebaran Virus WannaCry Berhasil Dihentikan Oleh Pemuda Usia 22 Tahun Ini. Keren!

Unikdanlucu.com – Saat ini sebagian masyarakat pengguna internet tengah diresahkan dengan serangan Ransomware WannaCry dan sudah banyak korban dari serangan cyber tersebut.

Namun penyebaran virus WannaCry ini berhasil dihentikan oleh seorang pemuda yang masih berusia 22 tahun yang bernama Marcus Hutchins. Pria asal Inggris ini telah menyelamatkan setidaknya ada 100 ribu komputer yang ada di seluruh dunia dari serangan virus WannaCry.

Berikut ujar dari pemuda sekaligus pemilik website Malware Tech,

“Hari Jumat pekan lalu saya terbangun dari tidur dan memeriksa bahwa ada ancaman cyber di Inggris. Awalnya saya tidak mempedulikan serangan dunia maya tersebut. Tapi ada sejumlah organisasi yang menyatakan bahwa diminta uang tebusan dari virus tersebut dan ini sudah mulai meresahkan. Akhirnya saya melakukan sebuah analisa unik dalam menemukan nama domain yang terdapat di dalam malware tersebut. Akhirnya saya mendaftarkan nama domain yang belum terdartar yang ada di dalam malware itu. Dengan bantuan seoran teman yang bekerja di bidang penelitian cyber, saya berhasil mendapatkan sampel domain dengan harga sekitar Rp. 130 ribu. Selanjutnya saya mencoba mencari tahu bagaimana malware itu menyebar dan mengganggu sistem data komputer di sejumlah rumah sakit. Akhirnya saya menemukan kelemahan WannaCry dalam suatu sistem domain. Saya mengambil sampel dari domain itu dan mendaftarkannya lalu membuangnya ke server pendeteksi malware berbahaya. Karena domain tersebut sudah saya miliki, virus WannaCry ini tidak jadi menyebar.”

Namun perlu kalian ingat bahwa ini sebatas menghentikan peredarannya agar tidak lebih luas lagi, dan jika komputer kalian telah terjangkit virus ini maka kalian harus memberisihkannya dengan cara kalian sendiri.

Berkat jasanya, Marcus yang tidak mengenyam pendidikan komputer di Universitas kini direkrut sebagai salah seorang peneliti di Pusat Keamanan Cyber Nasional Inggris.

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Akibat Main Ponsel Saat Menonton Bioskop, Gadis Ini Digugat Cowoknya. Apes!

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...