Home » Aneh & Unik » Siapa Sangka Kain Ini Bisa Mengumpulkan Energi Matahari

Siapa Sangka Kain Ini Bisa Mengumpulkan Energi Matahari

Unikdanlucu.com – Sebuah penemuan yang sangat unik dan juga sarat akan dengan kemajuan dalam bidang teknologi. Siapa sangka coba jika kain selembar ini bisa mengumpulkan energi matahari dan bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel kita yang sekarat.

Kain Hibrida ini dikembangkan oleh 8 orang insinyur yang berasal dari Georgia Tech. Dimana kain hibrida yang terbuat dari serat polimer ini bisa memanen energi dari 2 sumber yaitu sinar matahari dan juga gerakan. Dan nantinya bisa diaplikasikan pada gorden, tenda dan juga pakaian yang kita gunakan.

Siapa Sangka Kain Ini Bisa Mengumpulkan Energi Matahari

Bahan yang digunakan untuk menghasilkan energi dari gerakan ini adalah Triboelektrik Nanogenerator. Dan akhirnya kedua bahan inilah yang nantinya akan dipintal dengan bahan wool agar tercipta sebuah bahan yang sangat ringan, Fleksibel dan juga bisa “bernafas”.

Bahan ini telah diuji dengan membuat sebuah bendera ukuran 4 cm x 5 cm yang dipasang pada sebuah mobil yang tengah melaju pada saat cuaca sedang mendung. Ternyata bendera tersebut dalam waktu 1 menit saja mampu mengisi sebuah kapasitor yang berukuran 2mF sampi ke 2 Volt. Dan ini sebuah penemuan yang sangat unik dan juga keren.

Kini para insinyur tengah mengembangkan sebuah bahan yang digunakan untuk membungkus kain hibrida tersebut agar tidak rusak oleh hujan dan juga kelembaban udara.

“Tekstil bertenaga Hibrida ini mempersembahkan sebuah solusi sederhana dalam hal pengisian sumber daya untuk gawai saat kita di lapangan dengan menggunakan hal-hal sederhana yang ada di alam seperti angin yang berhembus di saat cuaca cerah,” ujar dari Zhong Lin Wang, Profesor di bidang Ilmu Material dan Rekayasa dari Georgia Tech.

Bagaimana Menurut kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Ini Dia Transportasi Ramah Lingkungan, Kereta Api Listrik Bertenaga Angin di Belanda

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...