Home » Kesehatan » SUKA MEMAKAI HEADSET DALAM JANGKA WAKTU YANG LAMA? INI DAMPAK BURUK YANG BISA TERJADI PADA KALIAN
SUKA MEMAKAI HEADSET DALAM JANGKA WAKTU YANG LAMA? INI DAMPAK BURUK YANG BISA TERJADI PADA KALIAN

SUKA MEMAKAI HEADSET DALAM JANGKA WAKTU YANG LAMA? INI DAMPAK BURUK YANG BISA TERJADI PADA KALIAN

Sejak radio dan pemutar musik portable mulai berkembang dan beredar di kalangan pecinta musik maka, saat itulah pengeras suara mini atau headset itu ikut berkembang seiring dengan perkembangannya waktu. Hingga saat ini Headset ada ribuan jenis bentuk,warna, tipe dan harga yang sangat bervariasi.
Pada dasarnya menggunakan headset  tidak boleh terlalu lama layaknya ketika menonton televisi dan menatap layar komputer dirumah kita. Usahakan menggunakan Headset maksimal 4 jam berturut-turut saja karena ini berbahaya. Berikut ini adalah dampak buruk penggunaan headset yang terlalu lama:

  • Kerusakan Permanen pada Telinga kita

Kerusakan ini terjadi jika gendang telinga sudah tidak mampu lagi menanggung beban suara keras yang dihasilkan dari speaker headset tersebut. Ingat ya sob, beban suara yang keras bukan beban dari masalah kehidupanmu:D

  • Kehilangan Pendengaran pada Usia 20-an

Dari kecil kita sudah terbiasa menggunakan headset tapi gak apa-apa tuh?! Menurut penelitian sih efeknya memang tidak langsung dapat dirasakan, melainkan secara perlahan namun pasti. Dan menginjak usia 20 tahun keatas baru terasa mulai berkurangnya kemampuan telinga kita untuk mendengar.

  • Kerusakan pada Otak

Headset ini memiliki gelombang elektromagnetik yang dapat berbengaruh terhadap otak kita. Karena otak kita juga memiliki aliran listrik yang sangat peka.

  • Menurunya batas Ambang Pendengaran

Jika kita sering mendengarkan musik dengan suara keras ketika menggunakan headset dan dalam jangka waktu yang sangat lama maka, telinga kita akan mengalami gangguan dan penurunan dalam hal mendengar.

  • Telinga Jadi  Terasa Mendengung

Suara dengungan ini akan membuat telinga kita merasa tidak nyaman akibat dari penggunaan headset yang terlalu lama.

  • Mendadak Tuli

Ketika telinga kita sudah mulai mendengung maka jika diteruskan dalam jangka waktu yang lama dalam penggunaan headset, yang terjadi adalah telinga kita bisa mendadak menjadi tuli dan jika tetap dibiarkan saja akan menjadi permanen.

  • Tidak memperhatikan lingkungan sekitar

Akibat terlalu lama dalam penggunaan headset dan terlalu fokus pada suara yang keluar dari speaker mini tersebut maka kita menjadi kurang peka terhadap apa yang terjadi di sekitar kita.

  • Meningkatkan Risiko Kecelakaan

Bahaya yang mengancam adalah ketika kita menggunakan headset ketika mengendarai kendaraan. Sebab ketika kita menggunakan barang ini fokus kita di jalan menjadi terpecah. Dan ini yang bisa menyebabkan kecelakaan.

  • Bersarangnya Kuman dan Masuk ke dalam Telinga

Masalah lainnya yang berbahaya adalah alat ini rentan untuk dijadikan tempat bersarangnya kuman penyakit. Karena kesalahan dan kelalain dalam perawatan. Dan ketika kita menggunakan headset yang sudah menjadi tempat bersarangnya kuman maka mereka dengan bebas masuk ke dalam tubuh anda melalui telinga.

  • Lelah Telinga

Jika daun telinga kita terasa sakit dan perih ketika sudah terlalu lama menggunakan headset maka ini tandanya telinga kita sudah mengalami kelelahan.

Jadi setelah mengetahui efek buruk dari penggunaan headset dalam jangka waktu yang lama apakah kalian masih mau memakainya berhari-hari?:D

Semoga saja tidak. Tidak mau berhenti ya sob?hahahaha

x

Check Also

Dijual Rp. 40 Juta, Cermin Mahal Ini Bisa Diajak ‘Tersenyum’

Unikdanlucu.com – Siapa sangka sebuah cermin yang berharga mahal ini bisa diajak tersenyum karena memiliki ...