Home » Kesehatan » TAHUKAH KAMU? TERNYATA MEROKOK LEBIH MEMATIKAN KETIMBANG VIRUS HIV!

TAHUKAH KAMU? TERNYATA MEROKOK LEBIH MEMATIKAN KETIMBANG VIRUS HIV!

Unikdanlucu.com – Menurut sebuah riset yang dilakukan terhadap rakyat Indonesia, sebanyak 51,1% adalah perokok aktif. Dimana angka ini adalah jumlah tertinggi di negara ASEAN.

Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa:

  • perokok yang berasal dari golongan lemah sebanyak 43.8%
  • perokok yang hanya memiliki ijazah SD sebanyak 37,7%
  • perokok yang berasal dari kalangan nelayan, petani, dan buruh sebanyak 44,5%
  • perokok aktif usia 30-34 tahun sebanyak 34,4%
  • perokok aktif wanita sebanyak 1,1%

Tapi tahukah kalian jika sebenarnya merokok itu lebih mematikan daripada virus HIV? Meski pada dasarnya infeksi HIV masih belum dapat disembuhkan tapi dengan majunya ilmu kedokteran saat ini maka pasiennya bisa tetap hidup dan sehat.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, angka harapan hidup orang yang terinfeksi HIV sama dengan orang normal pada umumnya jika pasiennya rutin mengkonsumsi obat yang telah diberikan.

Dan di Negara Amerika, jumlah pasien yang terkena HIV lebih sedikit dibandingkan dengan pasien yang sakit akibat dari merokok.

Merokok rupanya memotong angka harapan hidup dari seorang pria yang berusia 40 tahun kira-kira sekitar 6 tahun dari usianya, menurut Journal of Infectious Diseases.

Krishna Reddy dari Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School berkata bahwa, “kami benar-benar mengukur resikonya dan saya pikir memberikan fakta angka ke pasien itu bisa membantu dalam mengubah perspektif mereka tentang rokok. Seseorang dengan HIV yang secara konstan mengkonsumsi obat kemungkinan meninggalnya lebih kecil dari perokok.”

“Dan tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Para perokok yang telah terlanjur berusia 60 tahun sebenarnya bisa tetap memiliki angka harapan hidup yang lebih substansial dibanding mereka yang memutuskan untuk terus merokok,” tambah Krishna.

Berdasarkan data Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS didapatkan bahwa setiap tahunnya terdapat sekitar 480 ribu orang Amerika yang meninggal akibat dari rokok. Dan secara Global ada 6 juta orang tiap tahun yang meninggal akibat kanker, paru-paru, hati yang disebabkan oleh rokok.

Kini di AS hanya tinggal 15% saja dari perokok dewasa dan para siswa SMA yang masih merokok tinggal 11%, hal ini terus menurun secara drastis karena mereka telah sadar akibat buruk yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok.

Lalu bagaimana dengan yang di Indonesia?

Baca juga informasi mengenai TRAGIS! KAKEK PENUNGGANG SEPEDA ONTEL INI TEWAS TERLINDAS OLEH MINI BUS YANG TIBA-TIBA MUNDUR DI JALAN RAYA.

x

Check Also

Dijual Rp. 40 Juta, Cermin Mahal Ini Bisa Diajak ‘Tersenyum’

Unikdanlucu.com – Siapa sangka sebuah cermin yang berharga mahal ini bisa diajak tersenyum karena memiliki ...