Home » Aneh & Unik » Tempat Ini Mendadak Kebanjiran Turis Setelah Gambar Kepulauan Derawan Ada Pada Uang Rp. 20 ribu. Wow!

Tempat Ini Mendadak Kebanjiran Turis Setelah Gambar Kepulauan Derawan Ada Pada Uang Rp. 20 ribu. Wow!

Unikdanlucu.com – Kepulauan Derawan yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur mendadak kebanjiran turis baik lokal maupun mancanegara setelah gambarnya ada di dalam uang pecahan Rp. 20 ribu yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, Rabu(14/6).

“Destinasi wisata bahari Derawan makin kondang. Dan tingkat kunjungan wisatawan, terutama pada hari libur terus menunjukkan peningkatan. Karena itulah saya sangat mengapresiasi Bank Indonesia yang telah memasukkan Derawan sebagai ilustrasi uang pecahan Rp. 20 ribu. Munculnya Derawan di lembar uang Rupiah ini berperan mendorong pariwisata Berau,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Mappasikra Mappaseleng.

Dan ternyata apa yang diklaim oleh Mappasikra ini bukanlah isapan jembol belaka sebab selama sepekan sejak 22 Mei lalu ada sekitar 50 wisatawan asal Hong Kong, Prancis, Jepang dan Tiongkok yang menjelajah pulau-pulau di Derawan dengan kapal pesiar White Manta.

Menanggapi pencantuman Derawan pada uang pecahan Rp. 20 ribu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi berkata bahwa, “BI menyadari bahwa saat ini sangat susah mengantungkan perekonomian melalui eksploitasi sumber daya alam (SDA). karena itu pariwisata harus digenjot untuk mendongkrak perekonomian daerah maupun nasional. Kita tidak boleh terpaku pada pertambangan. Kita punya objek-objek wisata yang hebat sekali seperti Pulau Derawan, Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Potensi wisata itu berpeluang menjadi penyumbang utama untuk Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Berau dan Kaltim. Syaratnya semua pihak harus bahu membahu mengelola potensi wisata itu dengan maksimal. Selama ini PDRB wilayah Kaltim, termasuk Berau mayoritas dari sektor pertambangan. Saat harga batu bara anjlok, dampaknya seperti yang kita rasakan sekarang. Saya juga meminta Pemkab Berau dan Pemprov Kaltim terus membenahi infrastruktur pariwisata supaya wisatawan mudah datang. Aksebilitas perlu diperbaiki. Bandara dan pelabuhan di Maratua adalah sinyal untuk mengundang wisatawan.”

Sedangkan Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata mengatakan, “Derawan adalah destinasi wisata bahari yang menawan di Kaltim. Untuk mengembangkan destinasi, perlu rumus 3A, Atraksi, Akses, Amenitas. Derawan itu punya atraksi hebat, tetapi akses menuju ke sana masih sangat terbatas. Amenitasnya juga terbatas.”

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Motor ‘Hantu’ Gentayangan di Jalan Tol Ini Bikin Ngeri!

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...