Home » Aneh & Unik » Ternyata Ke-4 Dusun Yang Ada di Jogja Ini Punya Aturan, Mitos Dan Kebudayaan Unik! Penasaran?

Ternyata Ke-4 Dusun Yang Ada di Jogja Ini Punya Aturan, Mitos Dan Kebudayaan Unik! Penasaran?

Unikdanlucu.com – Dengan semboyan “Jogja Istimewa” ini memang sangat pas untuk kota yang memiliki budaya yang beragam dan aturan yang unik ini.

Kota Jogja memiliki banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi terutama yang masih kental dengan kebudayaan Jawa. dan berikut ini ada 4 desa yang nyentrik dan unik yang hanya bisa kalian temukan di kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah yaitu Sleman.

#1. Dusun Beteng. Menurut tradisi yang berkaitan erat dengan kisah perjuangan Pangeran Diponegoro dimana dusun ini dibangun benteng pertahanan gaib dengan menggunakan anyaman bambu untuk mengahalu pasukan Belanda yang menyerang kawasan ini. Oleh sebab itulah para warga dilarang membangun rumah dengan dinding tembok. Jadi seluruh material bangunan yang mereka gunakan adalah bambu atau kayu.

#2. Dusun Ngino. Karena masih percaya dengan tradisi dan sebagai bentuk penghormatan kepada Mbah Bregas, para warga tidak menanam sirih dan membuat sumur karena takut kualat.

#3. Dusun Kasuran. Disini seluruh warganya memiliki kebiasaan yang unik yaitu tidurnya tidak pernah menggunakan kasur atau alas tidur.

#4. Dusun Kregolan. Sebuah mitos unik yang ada di dusun ini adalah para warga tidak pernah membuat pagar rumah dan ini terkait dengan kepercayaan warga yang tidak mau kualat dengan leluhurnya yang bernama Mbah Siregol. Dan nama desa ini sendiri diambil dari kata Regol atau pagar.

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Ke-4 Buah Ini Memiliki Ukuran Yang Tak Biasa Dan Bikin Heran!

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...