Home » Kesehatan » Tips Cara Merawat Kaki Penderita Diabetes
Tips Cara Merawat Kaki Penderita Diabetes

Tips Cara Merawat Kaki Penderita Diabetes

Kaki adalah bagian tubuh yang sangat mudah terluka. Entah karena terjatuh, terkena knalpot kendaraan atau ketika tidak sengaja bersentuhan dengan benda keras/benda tajam yang dapat melukai kaki kita.

Terkadang kita sering membiarkan ketika kaki kita mengalami luka kecil atau bahkan secara tidak sadar kaki kita terluka dan dianggap itu tidak apa-apa karena sekali lagi hanya luka kecil. Tapi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja jika anda seorang yang memiliki masalah dengan kadar gula darah atau mempunyai penyakit diabetes. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat kaki penderita diabetes:

Tips Cara Merawat Kaki Penderita Diabetes

  • Setiap Malam Periksa Kaki

Pastikan anda selalu memeriksa kaki anda sebelum tidur dan pastikan tidak terdapat luka disekitar kaki anda. Jika terdapat luka segera diobati jangan ditunda. Segera periksakan ke dokter jika luka tidak kunjung sembuh/kering.

  • Perhatikan telapak Kaki

Mengingat telapak kaki adalah bagian yang paling sering bersentuhan langsung dengan lantai dan sangat beresiko terkena serpihan benda kecil yang tajam maka sering cek telapak kaki anda. Jika anda susah untuk melihat telapak kaki anda sendiri mungkin bisa meminta teman atau keluarga anda untuk dapat membantu memeriksa apakah telapak kaki anda dalam keadaan baik dan tidak ada luka.

  • Sediakan Cermin Kecil

Anda dapat menggunakan sebuah cermin kecil untuk melihat bagian bawah kaki anda jika anda mungkin malu untuk meminta bantuan dari teman anda atau saudara anda.

  • Selalu Simpan Nomor Kontak Dokter

Segera hubungi dokter anda jika kaki mengalami luka atau memar karena benda tajam. Dan jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa berbahaya bagi kesehatan anda.

  • Sediakan Salep

Salep wajib ada jika anda adalah seorang penderita diabetes. Karena bila anda terluka karena mengalami luka bakar maka bisa langsung mengoleskan dengan salep/gel antiseptik agar meredakan sakit yang ditimbulkan dari luka tersebut.

  • Jangan Biarkan Kaki Menjadi Kering

Kelembaban kaki perlu dijaga agar terhindar dari masalah kaki pecah-pecah dan gangguan kaki lainya.

  • Hati-hati Ketika Memotong Kuku Kaki

Jangan sembarangan dalam memotong kuku kaki karena jika salah sedikit saja karena salah memotong kuku maka kuku kaki bisa berdarah.

  • Perhatikan Bentuk Kuku Kaki

Jangan memotong kuku kaki dengan bentuk yang lancip karena bisa saja melukai kaki yang lain. Usahakan juga untuk merapikan kuku kaki agar tidak ada bagian yang tajam.

  • Selalu Gunakan Alas Kaki

Bagi para penderita diabetes sangat disarankan kapanpun dan dimanapun wajib untuk menggunakan alas kaki baik sandal ataupun sepatu. Jangan biarkan kaki anda berjalan tanpa menggunakan alas karena bisa terjadi resiko terjadinya luka akibat benda kecil yang tajam.

Baca juga informasi mengenai → Kakek Kusno Berjalan Mundur Dari Malang Ke Mataram Hanya Bermodalkan Spion

x

Check Also

Dijual Rp. 40 Juta, Cermin Mahal Ini Bisa Diajak ‘Tersenyum’

Unikdanlucu.com – Siapa sangka sebuah cermin yang berharga mahal ini bisa diajak tersenyum karena memiliki ...