Home » Aneh & Unik » Tradisi Aneh Dan Ekstrem! Ketika Berkabung, Suku Papua Ini Rela Potong Jari!

Tradisi Aneh Dan Ekstrem! Ketika Berkabung, Suku Papua Ini Rela Potong Jari!

Unikdanlucu.com – Sebuah tradisi yang aneh dan cenderung ekstrem untuk dilakukan ini rupanya dilakukan oleh para suku Dani yang ada di Wamena, Papua. Tradisi ini dilakukan untuk melampiaskan rasa sakit ketika ditinggalkan oleh orang yang dicintainya untuk selama-lamanya.

Tradisi memotong jari ini merupakan sebuah simbol sakitnya ditinggalkan anggota keluarga dan ketika jari yang terluka sudah mengering dan rasa sakitnya telah hilang, berarti luka hati orang yang ditinggalkan itu juga telah sembuh.

Bahkan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil di pegunungan Wamena ini mempercayai bahwa potong jari juga sebagai simbol kesatuan dalam keluarga maupun diri manusia itu sendiri. Jadi komponen kebersamaan itu akan hilang seiring dengan hilangnya salah satu anggota keluarga.

Pemotongan jari yang biasa dilakukan oleh kaum ibu-ibu ini dilakukan dengan cara mengikat ujung jari hingga darah berhenti mengalir agar ketika jari dipotong tidak terasa sakit. Namun seiring dengan perkembangan jaman, tradisi ini sepertinya sudah tidak dilakukan lagi.

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Beda 10 Googling Cowok Dan Cewek Ini Bikin Kalian Manggut-Manggut Setuju

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...