Home » Aneh & Unik » Unik! Suku Ini Menggunakan Seragam Putih Hitam Sebagai Seragam Anak SD

Unik! Suku Ini Menggunakan Seragam Putih Hitam Sebagai Seragam Anak SD

Unikdanlucu.com – Jika kita sering menjumpai anak-anak SD mengenakan seragam merah putih, di suku Kajang Ammatoa anak-anak yang duduk di sekolah dasar mengenakan seragam hitam putih.

Suku yang sudah jarang ditemui di era modern ini sangat menutup diri dengan kemajuan teknologi dan jaman. Mereka tidak menggunakan barang-barang elektronik dan listrik, bahkan tanpa alas kaki sama sekali.

Salah satu suku yang tinggal di Bulukumwa, Sulawesi Selatan ini adalah suku Kajang yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu Kajang Dalam dan Kajang Luar.

Masyarakatnya tersebar ke berbagai desa dan tetap mengenakan pakaian serba putih hitam. Jadi bagi kalian yang hendak berkunjung ke suku Kajang maka kalian harus mengenakan pakaian yang sesuai dengan pakaian adat masyarakat Kajang.

Karena jika kalian memaksa mengenakan warna lain maka akan dianggat tidak menghargai adat yang ada di suku Kajang.

Menurut keyakinan dari Suku Kajang Ammatoa, “warna hitam adalah lambang kejujuran dan harus dipatuhi karena berasal dari petuah nenek moyang dari Turiek Akrakna. Selain warna hitam, warna putih juga menjadi hal yang sakral dan diyakini sebagai penerangan. Hidup ini ada gelap dan terang yang kemudian disimbolkan dengan warna hitam dan putih. Namun meski demikian penggunaan warna putih yang dapat dipakai oleh masyarakat yang dianggap memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Tapi masyarakat tetap meyakini bahwa warna hitam merupakan warna yang paling sakral sebab memberikan makna persamaan derajat,” jelas salah seorang penatua dari suku Kajang Ammatoa.

Bagaimana Menurut Kalian?

Baca Juga Informasi Mengenai Keren Nih Ayam, Beratnya Mencapai 8 Kg!

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...