Home » Aneh & Unik » Wew, Nyetir Sambil Merokok Bisa Di Tilang Loh!
Wew, Nyetir Sambil Merokok Bisa Di Tilang Loh!

Wew, Nyetir Sambil Merokok Bisa Di Tilang Loh!

unikdanlucu.com – Merokok adalah sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia yang sangat susah untuk ditinggalkan padahal kebiasaan ini sangat tidak baik dan dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Dan rupanya aktifitas merokok ini tetap dilakukan oleh para perokok pada saat sedang mengendarai kendaraannya di jalan. Dan banyak diantara para pengendara yang bertanya apa ketika merokok saat sedang berkendara dapat ditilang oleh polisi?

“merokok saat sedang mengemudi tentunya sangat berbahaya dan rentan terhadap kecelakaan. Dan sudah tentu ini membahayakan, karena saat mengemudi seharusnya pengendara fokus di jalan, jika sedang merokok maka akan mengganggu konsentrasinya saat mengemudikan kendaraanya,” ujar Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto.

Dalam berlalu lintas telah di jelaskan tata caranya yang benar yaitu, setiap orang yang mengemudikan kendaraan diwajibkan untuk tertib dan tidak boleh melakukan gerakan-gerakan yang dapat mengganggu orang lain sehingga terhindar dari kecelakaan.

“Dalam Pasal 106 ayat 1 UU LLAJ telah dijelaskan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi. Pengertian konsentrasi ini adalah tidak boleh melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh situasi yang bisa mempengaruhi konsentrasi, seperti menggunakan HP, terpengaruh minuman keras, capai atau lelah, menggunakan narkoba dan juga merokok. Dan saya mengimbau untuk tidak merokok ataupun melakukan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi, situasi ini berarti melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat beresiko pada kejadian kecelakaan lalu lintas.” tambah Kombes Budiyanto.

Budiyanto juga berkata bahwa jika saat berkendara kedapatan sedang merokok maka akan mendapatkan hukuman dan denda sebagaimana telah diatur dalam pasal 283 yang berisi,

“di mana setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi, sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat 1 akan dipidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp.750 ribu.”

Jadi apa kalian masih berani merokok sambil mengemudikan kendaraan di jalan? Jika masih maka siapin dulu kocek yang lebih besar daripada harga rokok kalian ya..:D

Baca juga informasi mengenaiPenjual Bensin Eceran Ini Bikin Harga Beragam Mulai Dari 500 Rupiah

x

Check Also

Viral! Aksi Polantas Terhadap TNI Ini Layak Untuk Ditiru

Unikdanlucu.com – Warganet belum lama ini dikejutkan dengan rombongan TNI yang mendadak dihentikan oleh Polantas ...